28.6.09

Komunikasi Capres-Cawapres 2009

Hehehehe judulnya berat amat.. Gw gak mau bahas politik atau strategi kampanye yang akhir-akhir ini bikin sakit kepala. Gw cuman mau komentarin gaya komunikasi para calon RI 1 dan RI 2 melalui media iklan di televisi. Berhubung kerjaan gw kalo di rumah berpacaran dengan televisi.

Mega Pro
Sebenernya gw jarang deh liat iklan mereka di TV. Justru yang heboh adalah berita soal tidak lolos sensornya. Apa mungkin karena slogan mereka Pro Rakyat, sehingga mereka lebih irit untuk menghamburkan duitnya pada para pengusaha di stasiun TV.



Iklannya cukup bagus.. meski gw kurang suka sama komunikasi mereka yang terlalu "hitam". Mungkin itu kali yah, yang namanya oposisi.. Selalu melihat yang sekarang ini jeleek terus di matanya. Atau mungkin ini yang namanya promosi? Gw jadi inget iklan teh kita vs teh sosro kalo kayak gini..

SBY-Boediono



Kalo ga salah ini iklan pertama SBY yang bikin gw ngeh dia mau calonin diri lagi jadi capres.. Iklannya ciamik, menampilkan gambar-gambar yang indah.. Di situs youtube, ada yang menganggap pemilihan lagu yang diambil dari jingle iklan mie instan yang sangat populer ini bisa memudahkan dia dalam menarik perhatian dari pemirsa.

Sayangnya bagi sayah mah tidak, Pak. Saya malah menyayangkan kenapa si Bapak tidak menggunakan suatu yang orisinil. Sekarang malah kena cap Presiden Indomie deh. Duch! Gaya kampanye Bapak yang, entah sengaja atau tidak, mirip dengan Obama, tidak menarik simpati sayah. :D Eh tapi itu udah di luar iklan TV si.. saya stop komentar deh...

JK-Win

Iklan dari bapak JK dan Wiranto ini munculnya lebih lambat dibandingkan dengan iklan Pak SBY yang versi Indomie itu. Tapi bikin gw kaget. Kenapa? Sebenernya konsep iklan ini sudah dibuat oleh PKS dalam kampanye legislatif lalu. Dan itu yang menarik perhatian gw. Iklannya ga mewah, tapi cerdas. Kenapa timnya SBY ga bikin kayak gini yah? Padahal doi kan dibacking sama PKS?



Barusan gw liat iklan JK lainnya.. Ada seorang wanita bicara,"Ya Jusuf Kalla, masak Jusuf Kadong?"Dan gw tersenyum dibuatnya..


Tulisan ini tidak bermaksud untuk menggiring pemilih ke pilihan tertentu. Sample yang gw ambil itu adalah sampe iklan TV kampanye pertama yang gw lihat untuk masing-masing capres-cawapres. Mungkin masih ada iklan-iklan lain yang lebih menarik.... Yang jelas, pemilu tinggal sebentar lagi, mau pilih yang mana yaak?

3 comments:

Ramot said...

kalau saja jk tidak menggandeng wiranto... T_T

mahli said...

memang susah yah, bim, mencari spin doctor yang baik di indonesia.

satu presiden instan
satunya presiden cepet2 nubruk
satunya lagi presiden sampah

huhuhu citra positif yang cerdas... where are you?

utaminingtyazzzz said...

aku ga mau komen ah.. :p