17.8.08

Greendependence Day

Sukses buat Sampoerna sama trailer filmnya yang ngerjain gw.. Ja**cuk!!!!

Agustusan tahun ini rumah lebih atraktif dari biasanya. Nyokap terkena pengaruh tante gw yang jadi penggerak lingkungan di RWnya. Coba yha masa gapura di depan rumahnya dikasi nama Gerbang Darling -singkatan Gerakan Bangsa Sadar Lingkungan- dangdut banget.

Dan kemudian nyokap membawa ke rumah prakarya, yang akhirnya sukses juga mempengaruhi orang serumah. Prakarya itu sederhana. Menggunakan botol-botol plastik bekas minuman. Begini prosesnya.

Kumpulkan botol-botol bertanda segitiga itu dan cuci hingga bersih. Kupas (emangnya mangga) mereknya hingga si botol "telanjang". Siapkan bahan-bahan lainnya, yaitu pisau pemotong a.k.a cutter, gunting, tali kasur, dan cat jika dibutuhkan.



Lubangi sisi botol tadi dengan cutter di bawahnya, kemudian gunting membujur menuju ke leher botol. Buat jarak berapa senti (kira-kira ajalah) pada tiap-tiap potongan. Tiap-tiap jenis botol bisa punya variasi potongan. Botol yang paling menghasilkan bentuk yang bagus sepanjang penglihatan gw adalah Mizone. Kalo kena angin, botol ini muter-muter indah.



Supaya lebih ciamik, bisa di-cat sesuai selera. Berhubung lagi memperingati Agustusan, yha botolnya diwarnai merah dan putih. Waktu kawinan sepupu gw dulu, botol-botol itu diwarnai dengan paduan hijau toska dan emas. Hasilnya klasik gitu.



Jangan lupa lubangi tutup botol dan berikan tali untuk digantung. Bayangin kalo digantung di jalan-jalan menggantikan bendera-bendera plastik itu, mungkin lebih keren lagi. Weits, jadi inget jaman dulu kita juga pernah make bekas gelas air mineral yang dicat merah dan putih.



Dari pada berbahaya untuk kesehatan, mending di daur ulang menjadi barang berguna.. Sambil mewujudkan kecintaan pada Indonesia, sekalian aja memelihara lingkungannya. Merdeka!!!!!



4 comments:

utaminingtyazzzz said...

kreatip...bener, jadi inget jaman sd dulu

herry said...

besok bawa satu ke kantor ya bim, buat aku pajang di kos.

slempitanjempolkodok ≠ said...

mo, aku ada galon ama drum air tuh. Mau gak?? lebih gede lebih keliatan

MoMo said...

@utaminingtyazz..

kreatip sama ga ada kerjaan beda tipis yha mbak.. heehehehe

@herry:

wah dah ku bawa ke RT

@slempitanjempolkodok

wharakadah!! Sing ngguntingi uaaangel mas!