21.6.06

Putri, jangan menangis

Pagi ini ketika gw sarapan di meja makan... Nyokap gw tiba-tiba cerita..

"Mas, Putri gak lulus UAN"

HAH????


Definisi:
Putri adalah adik sepupu gw yang cantik (halah.. koq promosi??). Dia kelas 3 SMA, dan menghadapi UAN dan SPMB.


Gw kaget. Setengah ga percaya. Menurut gw dia bukan orang yang bodoh banget. Meskipun juga ga pinter banget. Sedenglah.. Hasil try out bimbelnya juga ga jelek-jelek amat. Menurut gw, seapesnya dia yah ga sampe ga lulus...

suatu malam...

Gw sedang sibuk ngerjain proyek + Kapeh di mix jadi satu. Adik gw yang habis main dari rumah Putri masuk ke kamar.

Adik : "Mas lo dicariin Putri tuh. Minta ajarin matematik."
Gw : "Aduhh gw lagi sibuk nih.."
Adik : "Besok dia ujian loh.."
Gw : Hehehehehe



Gw merasa bersalah. Gara-gara matematika itu dia ga bisa lulus. Dan sekarang DEPRESI.

Susah untuk bilang bahwa "lulus UAN bukanlah akhir dari segalanya.." Kalo buat SPMB mungkin masih mending. Dia bisa cari universitas swasta. Tapi ini ga lulus SMA, yang sekarang jadi syarat minimum buat cari kerja. Dia harus mengulang satu tahun lagi. Atau ikut kejar paket C yang ijazahnya sering ga dianggep sama beberapa universitas.

Entah siapa yang musti bertanggung jawab. Pemerintah, sekolah, atau siswanya sendiri. Orang tua mengganggap depdiknas mesin pembunuh. Sementara menterinya minta supaya anaknya instropeksi diri. Mungkinkah ada kesalahan terhadap pengisian? Ataukah ada unsur-unsur politis? Entahlah..

Ah Putri, apa yang bisa kau lakukan selain "tegar"? Semoga apa yang terjadi malah membuat kamu makin dewasa dan bijak dalam menjalani hidup. Ingat dik Putri, Tuhan tidak akan memberikan cobaan pada suatu kaum di luar kemampuan.

BIG HEART ^^

Putri, jangan menangis..
Hapus air mata
Di wajah cantikmu..


*judul dan quote ke 3 diambil dari lirik lagu Pandangi Langit Malam Ini - Jikustik

2 comments:

dahlia said...

ya.....gw jadi ngak bisa ngomong apa2 neh !

cuman bisa bilang..
MOMO coba ke blog gw deh !
trus elo dateng yah !!!

mataharitimoer said...

jangan terus berduka dong putri! kan ada mas Momo yang baik hati.
Bantuin matematikanya putri dong!