11.10.05

Masa Kecil Masa Bahagia

Sembari mengerjakan tugas tekom, marilah temani saya ngobrol sejenak. Tadi pagi, sambil naik angkot n nungguin kereta, iseng-iseng gw dengerin radio. Ngobrolnya menarik, banget.. tentang permainan apa yang pernah kita mainin, waktu kita kecil dulu... Mari kita sama-sama kembali ke masa itu... Masa Kecil.. Masa Bahagia

Tak Umpet, Tak Jongkok dan Tak Patung, maenan yang melegenda ampe sekarang kayaknya. Yang lupa sini ta' ingetin..

Tak Jongkok adalah permainan yang asyiknya dimainkan lebih dari dua orang. Satu orang yang jaga, berupaya menangkap orang lain. Cara orang lain menghindar adalah dengan jongkok. Orang lain bisa membangunkan yang lainnya dengan cara menyentuhnya. Orang yang terakhir jongkok atau orang yang tertangkap penjaga adalah orang yang jaga berikutnya. Kadang-kadang, ada orang jongkok yang sengaja gandengan. Tujuannya biar kalo yang satu dibangunin.. yang lainnya juga ikut bangun.. hehehe..

Tak Patung, hampir sama dengan Tak Jongkok. Bedanya cara menghindar dari penjaga adalah dengan mematung. Ketika mematung, sang penjaga bisa menggoda orang tersebut. Orang yang tergoda akan menjadi penjaga berikutnya.

Tak Umpet, dilakukan oleh lebih dari satu orang. Ya iyalaah kalo satu orang siapa yang mo jaga, siapa yang mo ngumpet lagi.. Satu orang akan berjaga dengan menutup mata (biasanya menghadap ke tiang) dan yang lain akan ngumpet. Penjaga akan mencari orang yang ngumpet. Ketika ketemu, penjaga dan orang yang ditemukan akan berlomba-lomba menyentuh tempat penjagaan (tiang tadi) dan meneriakkan kata "Ingglo!!". Gw gak ngerti apaaa coba artinya. Orang yang terakhir menyentuh akan kalah. Nah, yang unik adalah cara menentukan penjaganya. Biasanya orang-orang yang kalah akan baris secara acak dibelakang penjaga. Dan penjaga akan menyebutkan sebuah nomor n dimana 0

Boy-Boyan.. Mainan ini hampir sama dengan Tak Umpet, bedanya terletak pada tempat jaganya. Tempat jaganya adalah tumpukan potongan genting atau piring. Seseorang bakal melempar pecahan itu dan kemudian ngumpet. Hitungannya ditentukan dari berapa lama penjaga bisa menumpuk pecahan itu kembali.. Yang lainnya sama..

Bekel.. Mainan yang biasanya dilakuin oleh cewek. Ada satu bola membal n 6 biji bekel. Kalo ga salah caranya ambil lempar bola-ambil satu biji dulu-bola memball-tangkep bola,lempar bola- terus dua biji-bola membal-tangkep bola , terus tiga.. N ada juga istilah pitt and roh.. Wah.. gw gak ngerti dah..

Segini dulu dah.. ntar dilanjutin lagi..

No comments: