15.5.05

Y's Family : Satu Langkah Bersama

Preambule: Apa yang elo rasakan bila ada belasan gorengan di meja makan dan lo menghabiskan hampir semua makanan enak berminyak itu? (hmm.. be-rima sekali pertanyaannya..) Jawabnya, kenyang dan radang..

Y's
Hampir setahun sudah saya mengenal keluarga ini. Sebuah keluarga kompleks yang dibangun dalam prinsip harta, harta, harta, harta (bisa digambarkan dengan prinsip irit, pelit, cari pasangan orkay, dan sejenisnya) dan cinta. Sebuah keluarga yang bahagia, dengan ke 5 anaknya yang beranjak dewasa. Perjalanan keluarga ini menjadi berita hangat, dari yang tadinya tabu hingga menjadi sebuah perjalanan yang layak diperbincangkan yang akan segera kita bahas dengan dalam dan tajam, setajam... stop.. stop.. kemakan infotainment deh gw. (cerita ini fiktif belaka... Sorry kalo ada yang tersinggung).

Kepala keluarga yang sangat menjunjung tinggi prinsip "Kencangkan Ikat Pinggang", "Irit pangkal Kaya" dan "Mari cari menantu kaya" ini bernama Josef Altamirano. Entah dari telenovela apa dia mengambil namanya. Tidak jelas pekerjaan tetapnya dan sering menelantarkan anaknya, merupakan ciri utama darinya. Meskipun begitu, pria ini terkenal sebagai sosok bapak yang sangat sabar terhadap anak dan istrinya (terutama untuk memuaskan "kebutuhan" istri yang menggila).

Adjie, sang first ladeehh dari Y's, yang tampaknya memiliki hobby unik. Mengoleksi anak dari laki-laki lain. Entah sudah berapa laki-laki yang di"hajar"nya. Adjie merupakan orang yang berpengaruh besar di keluarga. Hal ini dapat terlihat saat hari kelahirannya, dimana diperingati dengan meriah oleh Y's. Adjie juga menjadi sosok ibu yang ideal, yang sering memperhatikan anak-anaknya dan menggantikan figur Josef, sebagai sang ayah yang sering kabur entah kemana. Hal ini yang mungkin membuat ibu dari 5 anak Y's ini sering kesepian. Mungkin hadiah yang paling ditunggu saat ultahnya adalah "Kado Ulang Tahun Mama" dari Josef.. heheheheh...

Syntia Wijaya, anak pertama dari pasangan Josef dan Adjie ini terbentuk ketika sang pecinta Adam dan Hawa itu usai menonton sebuah film yang memuncakkan libido mereka (dugaan saya.. pasti Filmnya Warkop DKI!!). Dari sudut pandang saya, syntia memiliki bakat untuk menjadi orang sukses. Tercatat sebagai pemegang tahta selanjutnya dari dinasti Yorokonde, syntia sudah memangku jabatan sebagai Ketua Departemen Public Relation sebuah organisasi mahasiswa di Jakarta pada umurnya yang belia. Ditambah lagi dengan isu hangat seputar kisah cintanya dengan juragan Minyak Arab (entah itu minyak mentah atau minyak firdaus penumbuh rambut, gw gak tau.), membuat syntia menjadi sorotan setiap pria, tua muda, miskin kaya, perjaka dan duda.

Anak kedua dari keluarga ini bernama Ramot S. Dan satu kata dapat menggambarkannya. GELAP. Ya, gelap. Baik secara denotasi maupun konotasi. Kita tidak usah menyinggung yang denotasi. Terlalu rasis juga bagi saya. Secara konotasi, tidak ada asal muasal yang begitu jelas mengenai terjadinya dia. Pernyataan tersebut diperoleh dari dirinya sendiri dalam suatu kesempatan.

Dian Maya Listya. Anak ketiga dari pasangan asli Josef dan Adjie ini memiliki karakter yang istimewa. Merupakan perpaduan antara preman Ciledug dan sekitarnya serta kejelitaan seorang web designer perempuan yang sangat memperhatikan sisi estetika. Maya (demikian nama panggilannya), sering menjadi motor dalam dinamika keluarga Y's. Menjadi orang yang terlihat lebih sering berhubungan dengan anggota keluarga yang lain. Entah karena posisinya sebagai anak yang di tengah, akan tetapi saya rasa Maya sangat bisa dijadikan penengah dalam Y's.

Anak keempat, bernama Dimas Julian. Kalau tidak salah anak ini lahir dari eksperimen gila sang ayah dan ibu di dapur. Anak ini memiliki kesibukan tinggi yang mengalahkan ayahnya sendiri. Dimas kadang introvert (entah mungkin malu menghadapi kenyataan lahir dengan sampah ;p), akan tetapi kadang pula meledak-ledak. Satu kelebihan yang dimiliki dimas, selain kompie LCD 17 inch (amppuuuunn), adalah kelihaiannya dalam merangkaikan untaian-untaian kata dan mengemasnya dengan apik dalam wadah non verbal. Oleh karena itu Dimas memiliki potensi untuk mengikuti hobby sang bunda. Mengoleksi anak dari para wanita.

Terakhir, Chrysta Coryna yang merupakan produk hobby dari sang ibu dengan seorang salesman tampan dan keren yang hanya pasrah menghadapi serangan dari si empunya rumah. Chrysta juga merupakan motor kedua dalam keluarga Y's. Dari pandangan saya, dia adalah anggota keluarga yang sangat perhatian terhadap keluarganya. Memberikan semuanya untuk keluarganya dengan tulus. Entah itu sandang, papan, dan pangan. Meskipun berstatus sebagai anak bungsu, tapi pemikiran perempuan ini bisa jadi sangat matang sekali. Pokoknya uaaaapik rek!!! Anaknya siapa dulu?? Hehehehehe..

O iyaaa.. lupaaa.. Yang ini sebenarnya kurang ... ehmm.. malah saya rasa tidak penting. Alex Candra Wijaya Tani, adalah pramuwisma yang ikut keluarga ini. Yah bahasa halusnya, KACUNG lah!! Satu keunggulan yang dimilikinya adalah sikap loyalitasnya yang tidak dapat diragukan. Yang disayangkan, naluri kebabuannya hanya muncul ketika makan dan minta persekot. Giliran ada yang gak beres.. tuh naluri kagak keluar. Satu-satunya s.o.p yang dia tau sebagai babu adalah.. "LETAKKAN SENDAL PADA TEMPATNYA ATAU GUA TENDANG!!!"

1 Tahun Y's
Hari itu Y's genap berusia 1 tahun.. entah 1 tahunnya siapa.. Yang jelas 1 tahun itulah gw kenal sama keluarga ini. Keluarga yang asik. Tadi mereka mengadakan upacara kecil-kecilan. Dimana semua nggota keluarga yang tadinya sibuk naujubile, bisa langsung settt tumplek blek jadi satu (entah mungkin takut sama mami). Terlihat sekali cinta di wajah mereka. Dengan jokes yang kadang bikin ketawa, mereka bisa membuat gw lupa sejenak sama tugas kuliah.

Acara dimulai dengan pemakaian cincin oleh Papi ke Mami.Konon itu cincin kawin yang baru bisa dibeliin sekarang. Terus acara selanjutnya adalah tiup lilin oleh semua anggota Y's yang sebelumnya dilatih agar tidak menyemburkan saliva-saliva yang dapat mengurangi rasa nikmat dari cake bila benda tersebut mendarat di atasnya.

Acara selanjutnya adalah perayaan ultah Mami. Sekalilagi mami harus meniup lilin dan memberikannya kue pertama pada seseorang. Dan seseorang yang beruntungitu adalah.......... SAYA.. hehhehehe. Seolah mami berkata "Mari kita beri cecep hadiah adik!!". Wahhh.. gak kuat. Mami itu kalo di CIS ibarat DES yang musti 16 ronde dulu baru bisa keluar output. Nah di tengah tugas keparat yang bikin stamina gak fit, musti 16 ronde?? Haduuhhh... ampuuunnn..

Setelah itu makan kue dan acara pun berakhir, karena kita harus terbangun dari mimpi. Menghadapi kembali kenyataan bahwa tugas-tugas menanti di depan idung n siap bikin kita klenger. Gw cuman bisa ngucapin selamat buat Y's. Semoga jalinan yang dirajut ini gak ilang sampai akhir nanti. Doa dan hati gw bakal terus ada buat keluarga ini.

No comments: