20.12.04

How To : Menghadapi Peeps Course

berdasarkan pengalaman pribadi penulis

1. Bandingkan NPM mu dengan anak-anak yang mo ikut kuliah ppl. Kalo roman-romannya ada di awal, so.. Congrat!! Kemungkinan besar kamu dapet peeps course.

2. Pikirkan masak-masak untuk menerima kesempatan langka ini. Kalau kamu emang berjiwa "petualang", ambil aja!! Tapi kalo kamu rasa ga bisa atau ga mau ambil resiko, saran gw ambil FRS dan tulis kuliah PPL di kolom drop dan add. Mungkin ini hanya akan berakhir dengan tatapan aneh dari PA dan pihak sekre.. hehehe..

3. Kalau kamu ambil, yang pertama kali musti kamu lakukan adalah RE-SCHEDULE lagi jadwal pacaran atau acara keluarga kamu. Untuk yang memiliki pacar, saran doank lho, mungkin pacarannya bisa diubah ke malam jum'at. Sapa tau kamu bisa jadi pionir dalam "trend ngapel" 2005.

4. Biasanya kamu akan dibagi menjadi beberapa kelompok yang biasanya lagi anggotanya ditentukan oleh sang dosen. Kompaklah dengan semua anggota yang ada. Saran lagi, sering-seringlah rapat dan diskusi, baik itu tentang proyek atau cuman ngomongin baju apa yang mau dipake pas presentasi ;p.

5. Kalau emang ga ada perubahan sistem, maka kamu akan mendapatkan peranan sebagai satu PIC. Apapun jabatannya, semua ada resikonya. Dan kalo bisa, akrablah dengan PIC-PIC yang memiliki peranan yang sama. Jangan pelit ngasi info atau bagi2 tips. Biasanya kalo kayak gitu jadi berasa senasib sepenganggungan.

6. Buatlah kamu agar benar-benar ngefans sama klien kamu. Kalo bisa terror dia agar cepet ngasi requirements and nyetujuin use case hehehe. Emailin atau sms dia terus, supaya dia eneg n akhirnya pasrah deh hehehehe...

7. Baek-baekin sang asdos. Soalnya asdos, bisa tempat nanya buat deliverable yang ada. Pendekatan "personal" bole aja.. sapa tau feedback jadi lebih lancar, nilai jadi lebih.. (ngarep.. ^^)

8. Pelajarilah implementasi dari awal (kayak PHP, MySQL or PG atau sistem yang bakal kamu lanjutin). Soalnya kalo ngandelin PIC Implementasi doang atau kamu baru belajar sistem yang bakal kamu lanjutin di akhir-akhir, waduh susah oy,..

9. BIG HEART bro, sis.. Ini yang bener-bener diperluin. Lo musti punya hati yang gueeeddeeee banget. Dimana kesabaran lo nanti dalam nungguin meeting klien atau feedback yang ga dateng-dateng dari dosen bener-bener diuji. Atau juga nungguin dosennya yang telat dan hal-hal yang bikin lo mau maki-maki.. ya sabar aja..

10. Pray, semoga semua ini cepat berlalu hehehehe. Satu lagi, Look at The Bright Side, lo punya experience bikin proyek yang rasanya mmmm....

2 comments:

cardepus said...

Mooooo!!!

gw baca ini blog elo yg jadul. Jadi ingat masa-masa kuliah. Masa-masa stress bersama-sama....oh...I miss it :)

Eh...kalau elo baca komen gw, bales yah :)

MoMo said...

Wahahahkjakakakaka.. gw ga pernah inget gw nulis beginian... :P

Semoga si ibu ga baca.. :D